Kerajinan Tangan Berbahan Eceng Gondok



kerajinan-tangan-berbahan-eceng-gondokKerajinan Tangan Berbahan Eceng Gondok

Kerajinan Tangan Berbahan Eceng Gondok, Kerajinan tangan atau sekarang dikenal dengan istilah baku yaitu kriya berkaitan erat dengan para dominan dari keterampilan tangan perajinan di dalam mengolah bahan menjadi produk tertentu.

Eceng Gondok ( Eichornia Crassipes) sebagai tumbuhan yang dapat dilihat dari 2 sisi :

  1. Eceng gondok sebagai tumbuhan yag harus dikendalikan perkembangannya,karena tidak memberi tempat dan kesempatan hidup bagi mahluk lainnya.
  2. Eceng gondok sebagai bahan baku untuk pembuatan barang kria seni yang bermanfaat.

Penangan ke dua sisi tersebut harus dilakukan secara berkeselarasan Sulit memperhitungkan keseimbangan pengelola eceng gondok menjadi bahan barang kerajinan tangan atau kria dengan kecepatan pertumbuhan eceng gondok di suatu wilayah dan masalah yang ditimbulkannya. Pengolahan yang maksimal atau besar-besaran,berkaitan dengan daya serap pasar dan tingkat harga komersialnya,selain ketersediaan tenaga terampilnya.Perlu pemikiran bersama mengenai hal tersebut.

Walaupun demikianĀ  produkĀ  kria dari bahan eceng gondok secara komersial memiliki pesaing dari produk-produk kria dari bahan lain,seperti rotan,bambu atau jenis serat-serat lainnya,Hal ini terutama brkaitan dengan jenis serat-serat lainnya.Hal ini terutama berkaitan dengan jenis-jenis barang yang dibuatkanya.

Pertanyaannya adalah upaya yang bagaimana untuk memenangkan persaingan tersebut?

Eceng gondok merupakan tumbuhan air,yang tangkainya sebagai bahan baku untuk kerajinan tangan memiliki kandungan air mengalir setelah dikeringkan tangkainya akan berwarna putih,dan yang tumbuh di air tenang (rawa,danau) setelah dikeringkan akan berwarna coklat muda sampai hitam.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>