Konsep Dasar Kriya Tekstil



Konsep Dasar Kriya Tekstil

Konsep Dasar Kriya Tekstil

A. Pengertian Kriya Tekstil

Kriya tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat dari bahan-bahan tekstil. Sesuai dengan pendapat Ahmad A.K. Muda “Kriya tekstil adalah karya kerajinan tangan dari barang-barang hasil tenunan (kain tenun, mori)”. (2003:327 dan 528). Kriya tekstil ini merupakan hasil gagasan, ide, pikiran, perasaan, apresiasi, dan ciptaan manusia yang memiliki nilai estetik, yang diwujudkan dalam bentuk benda melalui proses kegiatan kreatif dengan menggunakan bahan utama dari tekstil.

B. Jenis Kriya Tekstil

Jenis produk kriya tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu : benda hias dan benda pakai atau perpaduan dari keduanya. Jenis produk yang termasuk pada benda hias diantaranya : hiasan dinding, sarung bantal kursi, produk kriya yang termasuk benda pakai diantaranya : bad cover, sarung bantal, tirai, tutup aqua galon, tutup kulkas, taplak meja makan, tutup tudung saji, dll.

C. Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil
Seni adalah pengalaman estetik yang diwujudkan melalui kegiatan kreatif yang menghasilkan karya yang indah. Seni erat hubungannya dengan kegiatan menciptakan atau mewujudkan sesuatu, sesuatu disini adalah ide yang dapat berbentuk gagasan, pengalaman, pengetahuan dan sebagainya. Ide yang ingin diwujudkan atau diciptakan tersebut bisa sampai dan mudah diterima oleh masyarakat, maka perwujudannya harus memenuhi:

  1. Unity  (kesatuan), suatu benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis, harus merupakan kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.
  2. Complexity  (kerumitan), suatu benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan
  3. Intensity  (kesungguhan), suatu benda yang dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya. Nilai itu bisa bersifat  lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh.

kriya tekstil

 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>