Penerapan dan Fungsi Anyaman



peranan-dan-fungsi-anyamanPenerapan dan Fungsi Anyaman

Penerapan dan Fungsi Anyaman, Motif anyaman pada umumnya digunakan dalam barang sehari-hari, seperti  aseupan  (pengukus nasi), boboko  (tempat nasi), besek (kemasan hantaran), hihid  (kipas),  samak (tikar), keranjang, anyaman jenis ini merupakan anyaman halus dan motifnya lebih terlihat, selain itu ada pula anyaman yang dijadikan sebagai bahan arsitektur pembuatan rumah, kandang, keramba, bubu (perangkap ikan), dan anyaman jenis ini disebut anyaman kasar.

Meskipun sulit untuk ditelaah motif anyaman mungkin memiliki fungsi yang sangat menarik untuk dikaji, seperti dalam  bilik (dinding rumah), menggunakan anyaman yang  tidak sembarang, biasanya untuk dinding rumah menggunakan anyaman dasar  sasag  hal ini selain karakteristiknya mudah dibuat, kuat, lubang antara bilah bambu dapat diatur dengan mudah sehingga  ventilasi dapat diatur dan udara dapat masuk dengan baik selain itu juga ada yang menggunakan motif mata itik untuk menambah kesan artistik bilik rumah.

Fungsi Anyaman untuk kebutuhan sehari-hari seperti  boboko  (tempat nasi) menggunakan anyaman  sasag ganda atau yang lebih dikenal dengan nama motif kepang, hal ini dikarenakan motif ini lebih rapat dan dan dapat membuat nasi dalam keadaan panas lebih lama.

Produk kerajinan anyaman mendong merupakan jenis kerajinan yang sedang mengalami peningkatan permintaan, baik permintaan dalam negeri maupun luar negeri. Permintaan dari dalam negeri terutama dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bali. Sementara dari luar negeri, permintaan datang dari Jepang, Belanda, Australia, Timur Tengah dan Malaysia.

Kendala yang paling dirasakan dalam bidang usaha kerajinan mendong ini adalah bahan baku yang tidak mencukupi untuk memenuhi pesanan. Untuk mencukupi kebutuhan bahan baku, para pengrajin mencari bahan baku ke Jawa Tengah sampai ke Jawa Timur.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>