Pengertian Seni



Pengertian Seni

Pengertian Seni.

pengertian seni

pengertian-seni-tradisional

pengertian seni tradisional

Seni merupakan hasil karya akal-budi dan penalaran manusia yang bernilai tinggi, seni adalah bagian langsung dari kehidupan manusia yang sama pentingnya dengan aspek-aspek kehidupan lainnya. Seni lahir dan berkembang sejalan dengan lahir dan berkembangnya umat mausia dimuka bumi ini, seni selalu berperan dari zaman ke zaman, diwariskan dari generasi ke generasi sebagai suatu lambang peradaban manusia yang paling berharga.

Dengan demikian  dapat dikemukakan bahwa seni merupakan bagian dari kebudayaan manusia, seni merupakan hasil daya upaya manusia yang melibatkan akal, fikiran, budi dan perasaannya pada suatu kurun waktu tertentu.
Dari pengertian di atas dapat dikemukakan batasan-batasan pengertian seni sebagai berikut:

  • “Seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan”.
  • “Seni adalah emosi yang menjelma menjadi suatu ciptaan yang kongkrit”.
  • “Seni adalah hasil getaran jiwa dan keselarasan dari perasaan serta fikiran yang   mewujudkan sesuatu yang indah dan murni”.
  • “Seni  adalah pengalaman  estetik yang  diujudkan  melalui kegiatan kreatif yang menghasilkan karya pesona”.

Dari batasan-batasan tersebut dapat dikemukakan bahwa seni erat hubungannya dengan kegiatan menciptakan atau mewujudkan sesuatu. “Sesuatu” tersebut ialah ide baik dalam bentuk gagasan, pengalaman, pengetahuan dan sebagainya. Supaya ide yang ingin diujudkan atau diciptakan tersebut bisa sampai dan mudah diterima orang lain maka perujudannya harus memenuhi beberapa syarat estetik tertentu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>