Sifat-Sifat Dasar Seni



Sifat-Sifat Dasar Seni

Sifat-Sifat Dasar Seni.

sifat dasar seni

sifat dasar seni

sifat dasar senini

Berdasarkan batasan-batasan pengertian seni dapat dikemukakan  bahwa seni memiliki beberapa ciri tertentu yang khas dan mandiri.  Ciri-ciri tersebut dikenal sebagai sifat dasar seni, yaitu :

a. Kreatif

Sifat kreatif adalah salah satu ciri yang  membedakan seni dengan kegiatan\lainya. Seni dengan sifat kreatifnya merupakan  rangkaian kegiatan manusia yang selalu menghasilkan sesuatu yang baru, sesuatu yang belum pernah difikirkan oleh orang lain.  Jika seseorang mengulang  atau meniru suatu karya seni, maka  hasil yang dibuat tidak dikatakan karya seni tetapi merupakan hasil kerajinan.

b. Individual

Selain selalu bersifat individual baik dalam penciptaanya maupun dalam penikmatannya, suatu karya seni merupakan ekspresi dari penciptanya yang mempunyai ciri mandiri dan tak ada duanya. Sifat individual ini berlaku juga dalam penikmatnya karya seni karena pengalaman estetis sebagai tanggapan terhadap karya seni merupakan pengalaman masing-masing individu yang dapat berbeda.

c. Perasaan

Suatu karya seni adalah ungkapan perasaan dari penciptanya, begitu pula yang disentuh oleh suatu karya seni pada diri pengamatnya adalah perasaannya. Jadi suatu karya seni kurang tepat jika dinilai berdasarkan pertimbangan akal manusia, karena penilaian dengan akal hanya akan menyentuh kelitnya saja. Penilaian terhadap karya seni harus berdasarkan perasaan estetis serta ukuran nilai estetis.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>